Bekerja #AsikTanpaToxic di Dalam Maupun di Luar Ruangan



pokka-natsbee-honey-lemon 2

Halo teman-teman, tak terasa empat bulan lagi kita akan berganti tahun ke tahun 2019, waktu benar-benar cepat berlalu ya. Jika nuansa akhir tahun sudah ada di depan mata, maka saya harus mempersiapkan fisik dan mental agar selalu sehat dan tetap fit. Mengapa begitu? Karena di akhir tahun biasanya berkejaran dengan banyak program yang harus diselesaikan. Tidak hanya program saja yang harus diselesaikan, tetapi juga laporannya.

Masalahnya profesi yang saya jalani saat ini menuntut untuk bekerja serba mobile. Mulai dari kantor ke lapangan, begitu juga sebaliknya dari lapangan lalu ke kantor. Namun apabila dipresentasikan maka porsi bekerja di lapangan lebih besar dari pada bekerja di dalam kantor. Kedua situasi pekerjaan yang saya jalani tersebut sama-sama beresiko lho. Jangan salah, bekerja di dalam ruangan juga ada resikonya. Supaya lebih jelas, saya paparkan satu per satu ya.

Resiko Pekerjaan di Lapangan dan di Dalam Ruangan

Sebagai penyuluh pertanian, pekerjaan yang saya lakukan adalah blusukan ke desa-desa yang menjadi wilayah binaan. Setiap hari saya mengendarai sepeda motor dari rumah ke kantor dengan jarak 25 km, ditambah dengan jarak sekitar 5-10 km ke desa binaan. Resiko yang saya hadapi di antaranya adalah keselamatan berlalu lintas, polusi udara, serta radikal bebas. Belum lagi ditambah dengan saat saya berjalan ke sawah dan ladang yang juga turut memberikan resiko seperti terpapar sinar matahari, polusi udara dari pestisida yang digunakan petani, radikal bebas, serta resiko lainnya.

dokumentasi pribadi

Kemudian resiko juga saya hadapi saat saya kembali dari lapangan untuk melanjutkan pekerjaan di kantor. Selain berprofesi sebagai Penyuluh Pertanian yang bertugas di lapangan, saya juga mendapat tugas tambahan menjadi admin di Balai Penyuluhan Pertanian. Bekerja di dalam ruangan juga ada resikonya. Sumber polutan dari dalam ruangan dapat berasal dari produk semprotan berbahan gas, lem, cat warna, asap rokok, asap kendaraan yang terparkir di dekat kantor, debu, jamur dan lain-lain.

Apabila diteliti lebih jauh, maka ancaman dari resiko yang saya hadapi saat bekerja ini cukup membahayakan kesehatan.

Pertama, polusi udara yang salah satunya berasal dari emisi kendaraan mampu menyumbangkan partikel berbahaya seperti Timbal, NO2 (natrium dioksida), Benzo(a)pyrene, dan Aldehid. Polusi udara dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, kanker paru-paru, serta gangguan pernapasan akut maupun kronis termasuk asma [1].

pokka-natsbee-honey-lemon

dokumentasi pribadi

Kedua, paparan sinar matahari yang juga sama bahayanya. Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini, flek hitam pada kulit, hingga resiko kanker kulit. Saya memiliki reaksi yang cukup aneh jika terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung, apabila awalnya saya baik-baik saja, tiba-tiba saya akan mengalami gejala seperti flu. Saya akan terkena pilek secara tiba-tiba dan akan hilang setelah beristirahat di dalam ruangan. Ternyata itu bisa saja terjadi karena sinar ultra violet (UV) dapat melepaskan zat kimia yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Pantas saja jika saya tiba-tiba menjadi pilek ketika terlalu lama berada di lapangan dengan sinar matahari yang cukup terik.

Ketiga, resiko dari radikal bebas. Ini juga sama beresikonya bagi kesehatan karena secara internal tubuh sudah menghasilkan radikal bebas yaitu saat bernapas. Ketika bernapas dengan oksigen, sekitar 1-2 persen sel-sel akan menjadi rusak dan berubah menjadi radikal bebas. Satu sel yang rusak ini mampu merusak sel lain dengan cepat. Radikal bebas dari luar tubuh dapat berasal dari lapisan ozon, polusi udara, asap rokok, makanan dan air yang terkontaminasi racun dan pestisida serta sumber lainnya. Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit kronis seperti jantung, kanker, katarak, dan menurunnya fungsi ginjal [2].

pokka-natsbee-honey-lemon

dokumentasi pribadi

Wuidihhh…. benar kan kalau melihat resiko di atas, sepertinya pekerjaan saya ini baik di lapangan maupun di dalam ruangan cukup berbahaya bagi kesehatan. Tetapi apakah saya memilih untuk menghindar saja? Tentu tidak dong, saya tetap ingin mengabdi dan berkarya meskipun resiko menghadang. Bagi saya asalkan kesehatan tubuh tetap dijaga maka segala resiko toxic yang mungkin masuk ke dalam tubuh tidak akan menjadi penghalang.

Agar Tetap Asik Tanpa Toxic Ketika Bekerja

Menyadari akan banyaknya resiko ketika bekerja di lapangan maupun di dalam ruangan, sayapun mengambil beberapa langkah perlindungan agar tetap dapat bekerja secara asik tanpa toxic. Dengan begitu kedua hal tersebut dapat saya jalani baik bekerja maupun menjaga kesehatan.

Perlindungan yang saya lakukan agar tetap asik bekerja tanpa toxic terbagi menjadi dua yaitu perlindungan dari luar maupun dari dalam.

Perlindungan dari luar:

  1. Menggunakan body lotion yang mampu melindungi kulit dari sinar UV.
  2. Menggunakan topi serta sarung tangan ketika berada di lapangan. Hal ini bermanfaat agar kulit tangan serta bagian kepala tidak terkena sinar matahari secara langsung.

    pokka-natsbee-honey-lemon

    dokumentasi pribadi

  3. Menggunakan jaket, masker, sarung tangan, helm, dan sepatu ketika mengendarai sepeda motor sehingga resiko polusi udara, radikal bebas, dan sinar matahari dapat dikurangi.

    dokumentasi pribadi

  4. Menciptakan lingkungan kerja yang sehat seperti membersihkan meja kerja dari debu, membuka kaca jendela kantor agar terjadi sirkulasi udara, menghindari dan memberikan himbauan kepada rekan kantor yang merokok agar tidak merokok di sekitar.
  5. Olahraga minimal seminggu sekali agar tubuh tetap fit dan aktif bergerak.
  6. Menjaga agar lingkungan tetap sehat dan bersih.

Perlindungan dari dalam:

  1. Berfikir positif dan berusaha tetap tenang untuk mengindari stress yang mampu memicu timbulnya penyakit.
  2. Mengkonsumsi sumber makanan bergizi terutama sayuran dan buah-buahan yang terkenal banyak mengandung antioksidan.
  3. Mengkonsumsi madu dan multivitamin setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi kuman penyakit.

Madu dan multivitamin perlu untuk saya konsumsi setiap hari. Manfaatnya adalah untuk menjaga agar tubuh tetap fit sehingga tidak mudah ngedrop terutama saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Terkadang kalau sedang terburu-buru, saya lupa untuk mengkonsumsinya di pagi hari sebelum berangkat kerja. Jika sedang lupa seperti itu, maka saya akan mengganti dengan meminumnya di sore hari ketika sudah pulang kerja atau membeli pengganti madu serta multivitamin dari toko di dekat kantor.

Tetapi itu dulu, sekarang kalau ingin lebih praktis mengkonsumsi madu dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan terbebas dari toxic, saya dapat meminum NATSBEE Honey Lemon yang merupakan perpaduan dari kebaikan madu serta lemon.

Asik Tanpa Toxic Bersama Natsbee Honey Lemon

pokka-natsbee-honey-lemon 2

dokumentasi pribadi

Natsbee Honey Lemon merupakan minuman madu lemon yang didalamnya terdapat Vitamin C untuk bersihkan hari aktifmu sehingga tetap #AsikTanpaToxic ketika bekerja baik di lapangan maupun di dalam ruangan. Madu dan lemon memiliki kebaikan alami yang mampu mengikat zat-zat berbahaya di dalam tubuh dan membuangnya. Dengan begitu, tubuh akan terbebas dari toxic dan tetap segar. Mari kita lihat kebaikan madu serta lemon lebih mendalam.

Kita semua tentu sudah tau bahwa madu itu sangat baik bagi tubuh. Madu kaya akan antioksidan pencegah radikal bebas. Dengan mengkonsumsi madu, maka daya tahan tubuh dapat terjaga karena mampu meningkatkan metabolisme, mampu membunuh bakteri jahat di dalam tubuh, dan sebagai sumber nutrisi lengkap [3].

Sedangkan lemon, buah yang memiliki warna kuning dengan wangi yang menyegarkan ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh berkat kandungan vitamin C yang tinggi disertai dengan flavonoid. Flavanoid merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Buah lemon juga dapat membantu dalam penyerapan zat besi, membantu mengangkat sel kulit mati, menjaga kesehatan jantung serta manfaat baik lainnya [4].

pokka-natsbee-honey-lemon

Grafis dibuat sendiri dari olahan beberapa gambar

Bayangkan apabila kebaikan madu serta lemon digabungkan, maka dapat membantu tubuh dari ancaman toxic di sekitar. Eh sekarang tidak perlu dibayangkan sih karena sudah tersedia Natsbee Honey Lemon yang menggabungkan kebaikan madu dengan lemon.

Menurut informasi, kalau kita sering mengkonsumsi air lemon dan madu maka dapat membantu dalam memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh, membantu proses detoksifikasi tubuh, membersihkan kulit, meningkatkan imunitas, meningkatkan energi dan metabolisme [5].

pokka-natsbee-honey-lemon 8

dokumentasi pribadi

Saya sudah mencoba Natsbee Honey Lemon yang memiliki rasa manis menyegarkan ini. Berkat kemasannya yang praktis dan mudah dibawa, maka saya tetap dapat memenuhi kebutuhan madu dan lemon dalam satu waktu sepanjang hari. Harganya juga terjangkau serta mudah untuk memperolehnya sehingga saya tidak perlu repot ketika ingin mengkonsumsinya.

Keunggulan lainnya yang diberikan oleh Natsbee Honey Lemon adalah dalam 250 ml mengandung 110 kalori sebagai sumber energi, tidak mengandung lemak serta lemak jenuh, tetapi mengandung natrium sebanyak 20 mg yang diperlukan tubuh. Mineral natrium memiliki berbagai manfaat penting bagi tubuh seperti berperan dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh, berperan penting dalam penyerapan glukosa di dalam ginjal dan usus, merangsang saraf, dan menjaga fungsi serta kerja otot jantung [6].

Satu yang pasti, Natsbee Honey Lemon ini enak, manis, segar, dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh di antara padatnya aktifitas sehari-hari.

Apabila tubuh sudah terjaga kesehatannya, maka saya dapat bekerja secara happy dan tidak khawatir lagi akan toxic yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Timbulnya kenyamanan dalam bekerja berkat kondisi tubuh yang sehat mampu mengantarkan saya mendapatkan prestasi yang  cukup membahagiakan bagi saya di tahun ini.

dokumentasi pribadi

Tubuh Sehat Prestasi Meningkat

Memiliki pekerjaan yang serba mobile plus ditambah dengan tugas tambahan pada awalnya membuat saya ragu apakah tubuh ini dapat mengikuti iramanya ataukah tidak. Lalu saya berpikir positif bahwa mungkin atasan saya memberikan tugas tersebut tentu bukan karena disengaja, tetapi berdasarkan hasil evaluasi kinerja yang sudah saya lakukan. Jika atasan sudah memberikan kepercayaan, maka saya harus melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan kepercayaan yang telah diberikan.

Lima tahun sudah saya berkecimpung sebagai penyuluh pertanian ditambah dengan berbagai tugas tambahan tidak lantas menyurutkan langkah saya untuk berkarya. Sambil menjalankan tugas, saya terus berikhtiar dan berdoa agar tubuh ini selalu sehat sehingga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

dokumentasi pribadi

Ternyata kerja keras, rasa lelah, dan semua tantangan yang saya hadapi selama lima tahun belakang ini mampu menjawab kepercayaan yang sudah diberikan oleh atasan. Alhamdulillah dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tanggal 15 Agustus 2018 ini, saya mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sebagai Penyuluh Pertanian Terbaik I. Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi dari pemerintah setempat terhadap kami atas dedikasi dalam mengimplementasikan pembangunan di setiap lini. Apresiasi yang diberikan oleh pemerintah daerah membuat saya semakin semangat untuk terus menjaga dan menjalankan amanah.

Saya sudah membuktikan kalau resiko dan ancaman toxic saat bekerja baik di dalam maupun di luar ruangan tidak menyurutkan untuk bekerja secara aktif bahkan dapat menoreh prestasi. Asalkan daya tahan tubuh serta kesehatan mampu dijaga maka pekerjaan seberat apapun dapat dijalani.

Ini adalah cerita saya untuk tetap bekerja #AsikTanpaToxic baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bagaimana dengan teman-teman? Simak video saya berikut ini ya dan tetap semangat!

Sumber Informasi:

[1] Alodokter. 2017. Polusi Udara, Waspadai Risiko dan Dampak Buruknya Bagi Kesehatan. https://www.alodokter.com/polusi-udara-waspadai-risiko-dan-dampak-buruknya-bagi-kesehatan [diakses tanggal 26 Agustus 2018].

[2] Alodokter. Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis. https://www.alodokter.com/radikal-bebas-pemicu-penyakit-kronis [diakses tanggal 26 Agustus 2018].

[3] Taya. B. 2017. 30 Manfaat madu untuk kesehatan, wajah, kecantikan, bibir, dan rambut. https://www.merdeka.com/sehat/30-manfaat-madu-untuk-kesehatan-wajah-kecantikan-bibir-dan-rambut-kln.html. [diakses tanggal 26 Agustus 2018].

[4] Alodokter.2015. Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan. https://www.alodokter.com/tujuh-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-dan-kecantikan [diakses tanggal 26 Agustus 2018].

[5] Pikiran Rakyar. 2018. 7 Khasiat Air Lemon dan Madu. http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/03/31/7-khasiat-air-lemon-dan-madu-422126 [diakses tanggal 26 Agustus 2018].

[6] Astawan, M. 2010. Atur Asupan Natrium Secara Cermat. https://lifestyle.kompas.com/read/2010/06/07/08364798/Atur.Asupan.Natrium.Secara.Cermat. [diakses tanggal 26 Agustus 2018].

30 Comments

  1. Reply

    wah keren dapet penghargaan dari Pemerintah daerah, tapi yang lebih gimana gitu tiap kali main kesini liat foto di bawah bunga sakura 🙂 kapanlah bisa foto gitu juga xixixi kebanyakan ngimpi kalai ya sist 🙂 btw selamt ya atas penghargaannya sis..

  2. Reply

    Mba Ev barakallah keren banget sampe dapet penghargaan penyuluh terbaik 🙂 beneran warbiyasah dedikasinya kerja jadi tambah asik ya mb minum Natsbee ini

    • evrithink

      Reply

      Usaha tidak akan menghianati hasil, setelah berjibaku di lapangan alhamdulillah mendapat apresiasi, semoga tetap semamgat

  3. Reply

    Mantap kali blogger yang satu ini. Sangat sibuk dengan aktivitas harian, jangan sampe melupakan kesehatan badan sendiri, apalagi sering bekerja di lapangan. Minuman ini cocog banget ya… Beli aaah

    • evrithink

      Reply

      Iya secara harus serba mobile, tubuh harus fit banget jangan sampai kelelahan

  4. Reply

    Wihh keren dapet penghargaaan, merdeka banget kayanya 🙂
    Menjaga tubuh agar tetap fit memang salah satu modal untuk sebuah keberhasilan. Kesehatan itu nilai dan manfaatnya memang tidak mudah dimengerti sampai kita kehilangannya.

  5. Reply

    Duh lihat teh Evri minum di suasana sawah gitu kok ya seger sih..he
    Aku belum pernah minum itu, Teh. Kok jadi penasaran rasanya ya. Duh seger sepertinya. Mau tidur jadi pengen natsbee.

    Setuju, kalau tubuh sehat prestasi jadi meningkat. Karena untuk mencapai prestasi itu sendiri kesehatan jadi yang utama. Jangankan itu, untuk nulis di blog pun harus sehat.

    Semoga sehat selalu, Teh. Biar bisa berbagi cerita terus akan keseruan kerja di lapangan 🙂

    • evrithink

      Reply

      sehat sehat juga ya, kesehatan utama nih, kalau sakit berabe deh jadi susah ngerjain apapun

  6. Reply

    Senang banget ngelihat mba evrina di sawah dan mengabdi untuk pertanian. Bebas polusi pakai natsbee honey lemon keren… Sukses mba 🙂

  7. Reply

    Wah mantap mba artikelnya….Natsbee Honey Lemon mang cara asyik buat hidup tanpa toxic. Mudah2an selalu diberi kesehatan yah supaya bisa terus dipertahankan gelar Penyuluh Pertanian Terbaiknya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *